Minggu, 23 Februari 2014

Gapoktan Pulau Pauh Melaju Pesat


Setelah dilakukan Re Organisasi di akhir tahun 2012 Gapoktan Usaha Berkat mengalami perkembangan yang pesat. Sekarang ada 4 kelompok tani hamparan yang bergabung dibawah naungan Gapoktan. Dana PUAP yang dulu sempat Vakum kini di tangan kepengurusan Bpk.H Lukman berjalan baik dan dirasakan sangat bermanfaat untuk petani.

Dalam masa kepengurusan sekarang ini sudah beberapa kali mengadakan pelatihan baik untuk pengurus dan untuk anggota, di antaranya adalah pelatihan dinamika kelompok yang di adakan dua kali, sekali oleh Perusahaan Indosawit dan kedua kali oleh yayasan Setara Jambi di bulan Mei 2013. Pelatihan berikutnya adalah pelatihan administrasi dan manajemen untuk kelembagaan petani. Pelatihan ini berguna untuk membenahi administrasi Gapoktan supaya berjalan dengan baik yang di berikan oleh PPL dan Pengurus Gapoktan SP3 Tanjung Benanak, pelatihan ini di adakan di secretariat Gapoktan yang baru saja Rampung di Rehab oleh anggota secara bersama-sama. Pelatihan Selanjutnya adalah Pelatihan Budidaya Kelapa Sawit yang baik dengan mendatangkan pemateri dari Perusahaan Indosawit.
‘Perkembangan dana Puap sampai saat ini berjalan dengan baik. Dana itu kita gunakan untuk menebus Pupuk Subsidi dan di salurkan kepada anggota dengan cara bisa langsung bayar lunas atau dengan mengangsur sampai 6 kali pembayaran” tutur pak H Lukman kepada tim penulis. “Setelah perkembangannya cukup baik ditunjukkan dari laporan yang kita sampaikan kepada Pembina dana PUAP, akhirnya tidak menunggu lama dana tahap kedua pun langsung di cairkan, rencana kita tambahkan ke modal penebusan pupuk dan sebagian akan kita gunakan untuk modal awal simpan pinjam untuk menopang perekonomian anggota” Lanjut H Lukman dengan semangat memaparkan kegiatan dan perkembangan Gapoktan yang di pegangnya.

Selain usaha yang di paparkannya di atas, Gapoktan Usaha Berkat juga sudah mendapatkan MoU dengan Indosawit dalam hal jual beli TBS. “ Kita Sudah Buatkan DO untuk gapoktan supaya mudah menjual TBS nya ke Pabrik kita, semoga bisa mengangkat harga petani, namun harapan kami adalah buah yang di Jual tersebut sudah matang atau layak panen” penjelasan Sigit salah satu Asisten Swadaya saat di konfirmasi oleh tim.

“Peran Yayasan Setara sangat besar terhadap kami, disamping meberikan banyak ilmu, mereka juga sebagai jembatan kami dengan pihak perusahaan dan pihak lain. semoga kami di dampingi terus hingga Gapoktan dan petani kami bisa maju menjadi petani-petani yang sukses” Harapan pak H Lukman sebelum kami menutup wawancara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar