Minggu, 23 Februari 2014

Harga Sawit Mencapai Level Tertinggi sepanjang tahun 2013-2014


Setelah pulang dari PMKS PT.Indosawit sebut saja  Bg Al tampak tersenyum dan sedikit sumringah. Setelah di telusuri ternyata harga jual sawit yang dibawanya dengan DO Gapoktan mengalami kenaikan mencapai harga tertinggi di levelnya sepanjang tahun 2013- 2014. Harga di pabrik untuk Sawit Petani Mandiri mencapai 1980/kg, setelah dikeluarkan biaya operasional dan fee untuk Gapoktan harga sampai di petani sekitar 1800/kg. Sebenarnya kenaikan harga sawit ini di mulai sejak bulan Desember tahun 2013 dan terus naik hingga hari ini Kamis 20 Februari 2014. Tentunya harapan petani harga ini terus naik atau bisa bertahan seperti harga yang ada sekarang agar perekonomian masyarakat bisa lebih baik.

“ Alhamdulillah harga terus membaik mas, Cuma panenan kita yang menurun karena buah trek. sudah sebulan lebih ini mas tidak turun hujan” papar Bg Al sambil menghirup kopi panasnya. Sambil duduk lesehan di ruang tengah rumah nya kami berbincang-bincang seputar perkembangan kelapa sawit. "Hidup kami sangat bergantung dari hasil penjualan TBS Kelapa sawit ini mas, makanya kami sangat berharap terus mendapat informasi perkembangan kelapa sawit. Semacam pelatihan dan pengarahan tentang cara berkebun kelapa sawit merupakan kebutuhan utama kami supaya kami mendapat pencerahan agar hasil kebun kami meningkat" sambung bg Al dengan penuh harapan kepada Tim Yayasan Setara Jambi terus mendampingi mereka.



"Dengan adanya Gapoktan ini kami mendapat banyak perhatian, baik dari pemerintah, Perusahaan dan dari pihak luar Seperti Yayasan Setara Jambi dengan mengajarkan kami banyak hal tentang organisasi dan perkelapa sawitan" tutur al akhram selaku Wakil Sekretaris Gapoktan Usaha Berkat Desa Pulau Pauh Kec. Renah Mendaluh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar