Minggu, 23 Februari 2014

Kondisi Jalan Lintas Merlung-Pulau Pauh Memprihatinkan


Pada awal bulan desember 2013 saat awal saya melaksanakan PKLT di Desa Pulau Pauh Kec. Renah Mendaluh Kab. Tanjung Jabung Barat. Pada saat itu saya mendapati kondisi jalan lintas Desa Merlung menuju Desa Pulau pauh dalam keadaan rusak parah, terdapat banyak lubang besar disana sini dan berdebu pabila dilewati pada musim kemarau saat ini.

Pada Pertengahan Bulan Januari 2014 ada perbaikan jalan dengan cara menimbun lubang yang ada di badan jalan dengan menggunakan tanh sehingga kondisi jalan relative lebih baik dari sebelumnya, namun disisi lain penimbunan dengan menggunakan tanah tersebut menimbulkan semakin banyak debu apabila ada kendaraan yang melintas sehingga hal tersebut bisa membahayakan kesehatan masyarakat di desa Pulau Pauh dan sekitarnya. 


Dari wawancara yang saya lakukan dengan seorang warga pulau pauh yang akrab disapa Bujang, yang bersangkutan mengungkapkan bahwa kondisi jalan yang rusak dan berlubang disana-sini serta berdebu jika musim kemarau seperti saat ini susah berlangsung sangat lama, dan menurut ingatannya di jalan pulau pauh yang merupakan jalan provinsi dalam kurun waktu 5 tahun terakhir ini belum ada perbaikan yang dilakukan oleh pemerintah provinsi, kalaupun ada perbaikan jalan biasanya dilakukan oleh perusahaan sekitar desa Pulau Pauh dan biasanya perbaikan tersebut tidak bertahan lama, dan dalam waktu yang singkat jalan tersebut akan rusak lagi.

Saya berharap ada perhatian pemerintah dan menjadikannya sebagai prioritas pembangunan bahkan di aspal dengan layak mulai dari Merlung Hingga Lubuk Kambing, agar masyarakat merasa diperhatikan, karena selain jalan yang rusak Listrik pun Belum Masuk ke beberapa desa sekitar sini, mereka hanya menggunakan PLTD Desa yang dayanya saat ini sangat tidak memadai lagi, hanya hidup malam hari saja bahkan bisa dipastikan sering mati karena mesin yang sudah tua.

(Yesi P Mahasiswa STAI MAU’IZAH Semester 8 Jurusan Ekonomi syariah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar