Minggu, 23 Februari 2014

Sungai Pengabuhan nan Menyejukkan

Sungai Pengabuhan adalah Sungai yang melintasi beberapa desa Mulai dari Sungai Rotan Hingga Merlung. Kondisi Air sungai ini  sangat jernih ketika kami pertama kali mandi disana awal Februari 2014 lalu. Mungkin karena Sudah hampir 2 bulan tidak ada hujan, atau memang kondisi di hulu sungai masih terjaga dengan baik. Sungai ini menjadi pusat aktivitas warga di sore hari yaitu mandi dan mencuci. Kondisi yang dangkal dan dasar berbatu membuat anak-anak sangat senang bermain di sungai ini.

 Dengan menggunakan ban dalam mereka pergi ke hulu dan menghanyutkan diri dengan ban tersebut bersama teman-temannya.

Mmmh sangat menyenangkan dan rasa ingin menjajalnya "mungkin lain waktu"



Kondisi seperti ini jarang bisa di temukan di tempat lain. Hal yang patut di coba juga adalah menyelam di lubuk-lubuk yang sedikit dalam dan menggunakan tembak buatan sendiri untuk mencari ikan "mungkin juga lain waktu saya akan coba".

Mengingat sekarang banyak warga menggantungkan hidup dari perkebunan Kelapa Sawit, patut menjadi kekhawatiran bersama akan tercemarnya sungai dengan limbah-limbah berbahaya dan pemakaian pestisida yang berlebihan. Tentu perlu edukasi dan terus menerus memberikan pemahaman kepada masyarakat akan bahayanya penggunaan pestisida. Inilah yang menjadi salah satu perhatian kita bersama agar masyarakat tidak terus-menerus menggunakan bahan-bahan berbahaya ini dalam penanganan kebun mereka.

Untuk menyelamatkan ekosistem biota air terutama ikan-ikan, perlu adanya ide untuk membuat Lubuk Larangan di Sungai Pengabuan ini. Karena maraknya kegiatan meracun dan setrum sungai di saat air surut, hal ini akan sangat beresiko terhadap punahnya ikan-ikan di sungai pengabuan.

Perlu di dorong diskusi bersama parapihak untuk merealisasikan gagasan ini, keterlibatan tokoh masyarakat, tokoh agama serta pemuda sangat di perlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar