Selasa, 12 Mei 2015

PELATIHAN AGROCHEMICAL, PHT DAN K3

Persiapan dalam rangka mewujudkan rencana sertifikasi RSPO untuk petani mandiri gabungan 5 desa di kecamatan Merlung dan Renah Mendaluh terus dilakukan, salah satunya adalah melakukan pelatihan-pelatihan yang mana kali ini mereka melakukan pelatihan agrochemical, Pengendalian Hama Terpadu (PHT) serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Kegiatan ini dilakukan di Aula PT. Inti Indosawit Subur Tungkal Ulu, dengan pemateri langsung dari PT. IIS dengan kerjasama Yayasan Setara Jambi serta Gapoktan 5 Desa dari tanggal 24  hingga 27 Februari 2015.



2 Hari pertama peserta dari Gapoktan Usaha Berkat Desa Pulau Pauh, Gapoktan Maju Jaya Desa Rantau Benar dan Gapoktan Usaha Bersatu Desa Sungai Rotan. Dan 2 hari berikutnya giliran Gapoktan Merlung Mandiri Desa Merlung dan Kelompok Tani Desa Lubuk Terap.

Alhamdulillah selama kegiatan cuaca sangat mendukung, karena kalau saja hujan bisa dibayangkan kondisi jalan yang kurang baik akan mengakibatkan kendala dalam kehadiran peserta pelatihan.



Selain Materi di ruangan peserta pelatihan juga di berikan praktek di lapangan, melihat gudang penyimpanan pestisida serta ruang ganti dan mandi pekerja Tim Unit Semprot.

Praktek sederhana penanggulangan api juga dilakukan dan peserta diberi kesempatan memadamkan api dengan Alat Pemadam Api Sederhana serta menggunakan Tangki Semprot milik Perusahaan.



Kegiatan ini sangat Positif dan kalau bisa semakin banyak pelatihan yang bisa dilakukan agar wawasan kami terus bertambah, ujar salah satu peserta pelatihan.

Memang kami sadari penggunaan bahan kimia saat ini masih sangat kurang ilmunya bagi kami, juga penggunaan APD yang sangat penting kadang masih di abaikan, mudah-mudahan dengan pelatihan ini masyarakat makin sadar akan keselamatan diri dalam bekerja, tambah peserta lain.

Penulis : Jon Tanjung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar