Sabtu, 08 Oktober 2016

Persiapan Menuju Sertifikasi RSPO Forum Petani Swadaya Merlung Renah Mendaluh

Saat ini Kelompok tani dan Gapoktan yang bergabung dalam Forum Petani Swadaya Merlung Renah Mendaluh (FPS-MRM) yang berasal dari 5 desa yaitu desa Merlung, Lubuk Terap, Pulau Pauh, Rantau Benar dan Sungai Rotan sedang menggeliat aktif dalam mempersiapkan diri menghadapi Audit RSPO.

Pertemuan kelompok dan Gapoktan di gelar setiap malam secara bergantian dengan di dampingi oleh rekan-rekan dari Yayasan Setara Jambi.



Semangat mereka tetap menyala walaupun setelah satu tahun lamanya menunggu keputusan dari RSPO untuk bisa melaksanakan Main Audit setelah melalui beberapa tahapan panjang terkait Land Use Change Analisis.

Rencananya Proses Audit akan di laksanakan pada tanggal 17 hingga 21 Oktober 2016 oleh lembaga sertifikasi Tuv Rheinland.

Tujuan dari audit RSPO ini adalah dalam rangka membuktikan bahwa FPS-MRM selaku lembaga yang maju proses sertifikasi memang sudah sesuai ketentuan. Serta petani sudah menerapkan Prinsip dan Kriteria RSPO guna membuktikan bahwa petani dalam mengelola perkebunannya sudah memperhatikan kaidah-kaidah seperti taat hukum, ramah lingkungan, tanggung jawab sosial serta mengikuti GAP yang baik.

Semoga saja kita doakan bersama FPS-MRM bisa lolos audit sehingga bisa berbicara di kancah internasional sebagai petani Swadaya yang berhasil Sertifikasi RSPO.

Penulis : Jon Tanjung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar